Sabtu, 28 Mei 2011

"perbedaan diatinis-pantotonis masih menjadi kendala campur sari"
  • musik apa saja yang membentuk musik campursari.....? - menjadikan membentuk musi campur sari berupa perpaduan antara arasemen musik keroncong,musik barat dan aransemen gamelan jawa.
  • apa perbedaan campur sari dulu dengan campur sari sekarang .....?? -mengakibatkan perbedaan terdapat pada penambahan musik bas dan kibor
  • mengapa musik campur sari sekarang lebih terkenal di masysarakat ......?? - karena campur sari sekarang banyak memakai alat musik gender,saron ,siter, kibor,bas . dari situlah campur sari bisa membawakan irama dandut tetapi tekana iramanya saja. oleh karena itu, campur sari kini sangat di gemari oleh kalangan masyarakat.
  • apa pengaruh musik notradisional pada musik campur sari...??? - terjadinya prinsip instrumen akuatik, alami atau natur dengan instrumen ynag menggunakan mesin atau elektrofon.mengakibatkan dua kesimpulan yakni : 1. menjadikan musik campur sari lebih terkenal dan modren 2. semakin hilangnya musik campursari yang aslinya
  • mengapa perbedaan jenis tangga nada bisa menjadi masalah bagi suatu musik....?? - karena menyusu tangga nada sangat sulit dan harus membutuhkan keahlian khusus untuk menatanya bila tidak akan menyakitkan telinga dan terhindar dari crash music
  • bagaimana mungkin campursari bisa memperkaya khasanah seni budaya indonesia dimasa depan...?? -menurut saya, para musisi dar musik campursari harus memberikan suatu perubahan yang siknifikan yang dapat membuat musik campursar tersebut dapat dinikmati oleh masyarakat . jika demikian,secara otomatis campur sari bisa bersaing dengan musik modren dandapat memperkaya khasanah budaya indonesia. " Indonesia dalam denting sasando"
  • bagaiman perkembangan alat musik sasandodi tengah gemuruhnya serbuan musik barat...?? - sasando dibuat versi elektronis yang dilengkapi dengan perangkap spool layaknya gitar listrik .karena itu, sasando telah meninggalkan resanator seprti lipat yang bisa mengikuti perkembangan musik popdan sebainya.
  • bagaiman pendapatmu tentang "inovasi" yang dilakukan terhadap sasando...?? - menrut saya, agar lebih praktis, lebih disesuaikan dengan hidup yang berubah dan lebih mudah dibawah kemana saja.tetapi, berkat kecanggihan untuk menginovasi terhadap musik sasando banyak kecanggalan . karena itu, mengakibatkan sasando asli dary karya nusantara hilangnya unsur budayanya.
  • " Deting Sasando nyaris tidak terdengar oleh khalayak di negeri sendiri " menurutmu benarkah hal ini dan mengapa aartikel berpendapan demikian .....??? - karena banyak penerus bangsa zaman sekarang yang terlanjur pula dengan tata bunyi musik pop, irama sasando makin akan terdengar aneh,membuat musik nusantara terutama sasando akan terlupakan .agar tidak hilangya kekayaan kebudayaan di indonesia di berikan usaha-usaha untuk lebih digemari oleh masyarakat. " musik Gambus berumur 400tahun akan membuka vestifal di Jakarta"
  • mengapa persebarluaskan musik gambus terbatas.....?? -karena selain para artisnya masih cenderung tradisioanl,perspsi yang banyak hidup di masyarakat adalah gambus seni agama dan sejumlah kalangan juga menilai gambus cenderung menonton secara irama.selain itu, lebih banyak menikmati lirik dari pada melodinya dan juga tidak sedikit liriknya yang berkisah tentang pembelaan negara atau perciptaan.
  • menurutmu, unsur budaya apa saja yang mempengaruhi musik gambus ? apa saja yang membedakan dari jenis musik lain...? - menurut saya , bahwa musik gambus itu sendiri cenderung menonton secara irama . menurut pengamat musik dan penyanyi Minif Bahaswan bahwa mwmang dddddiasosiakan oleh arab, pengaruh eropa,dan di indonesia yang bermencar berbagai daerah . tetapi yang membedakan gambus dengan musik lain yaitu dalam rentak dinamik alat musik perkusi di pandu dengan petikan gambus yang disertai goyangan kaki dalam irama riang.
  • setujukah kamu jika dikatakan musik gambus memiliki penggemar tapi masih luput dari perhatian masyarakat ...? mengapa ..? - ya, karena musik gambus belum terkenal dikalangan masyarakat yang menyebabkan masyarakat lebih cenderung kemusik pop dan lainya dan juga musik gambus hanya di tampilkan di daerah tertentu. agar lebihn terkenal , maka diadakan festival disetiap daerah indonesia . dengan itu, masyarakat lebih mengembangkan melestarkan musik gambus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar